Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang
Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, taufik dan idayah-Nya, Pedoman Penyelenggaraan Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VII Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Se-Jawa Madura Tahun 2018 ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Buku ini kami namakan Buku Panduan IPPBMM, yaitu merupakan pedoman bagi panitia penyelenggara, PTKIN yang turut serta sebagai peserta, maupun pemangku kepentingan terkait
dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan ini.Dalam acara rutin dua tahunan ini diikuti oleh 18 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-jawa Madura. Mereka adalah mahasiswa berprestasi dalam berbagai keahlian yang akan memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu untuk cabang olahraga, seni, dan karya tulis ilmiah Perguruan Tinggi sebagai institusi pendidikan berkewajiban bukan saja mengembangkan ilmupengetahuan, teknologi, dan seni, akan tetapi juga berkewajiban menyiapkan mahasiswa menjadi calon pemimpin bangsa masa depan yang memiliki kecerdasan yang menyeluruh, baik intelektual, emosional, sosial, spiritual dan fisikal.
Olahraga dan Seni merupakan salah satu medium pendidikan yang mampu memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan nilai-nilai yang diperlukan dalam kehidupan sebagai calon pemimpin masa depan. Kegiatan olahraga dan seni yang kompetitif akan bermanfaat bagi mahasiswa untuk pengembangan kepribadian berkarakter yang mengandung nilai-nilai kecerdasan, ketrampilan, pengendalian emosional, disiplin, sportivitas, demokrasi, persatuan dan
kesatuan, serta profesional.
Pada gilirannya IAIN Purwokerto akan menjadi tuan rumah dalam ajang Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VII Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Se-Jawa-Madura Tahun 2018. Kegiatan tersebut akan digelar pada tanggal 24-27 April 2018.
Kami berharap besar Buku Panduan ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi peserta meskipun dari segi content belum merepresentasikan keseluruhan kegiatan, akan tetapi kami yakin seluruh calon peserta IPPBMM VII tahun 2018 dapat bertanding dan berlaga dengan cerdas dan fair play.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Rektor
IAIN Purwokerto,

Dr. H.A. Luthfi Hamidi, M.Ag.