Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa atau disingkat dengan IPPBMM PTKIN Se-Jawa-Madura merupakan ajang pengembangan bakat dan minat mahasiswa PTKIN SE-Jawa-Madura yang sudah dirintis sejak 16 tahun yang lalu. Ajang dua tahunan ini bukan hanya olahraga saja yang diperlombakan, akan tetapi seni dan karya ilmiah. Penyelenggaraan IPBMM merupakan tanggung jawab Setiap Rektor dan Ketua PTKIN se-Jawa-Madura terutama yang ikut dalam ajang ini.
Kegitan Invitasi ini merupakan inisiasi dari beberapa PTKIN sebagai ajang untuk menyalurkan bakat dan minat mahasiswa. Selain itu kegitan ini sebagai ikhtiar untuk menyiapkan diri pada ajang PIONIR yang diselenggarakan oleh Direktorat Perguruan Tinggi Islam. Agenda IPPBMM PTKIN Se-Jawa-Madura, adalah upaya konkrit dalam membangun bangsa Indonesia yang sehat dan berkarakter kuat.
Sebagaimana Undang-Undang Dasar menyatakan bahwa mencerdaskan kehidupan Bangsa merupakan amanah yang harus diemban oleh segenap komponen Bangsa Indonesia, termasuk juga IPPBMM merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Cerdas secara fisik dan mental. Diharapkan melalui kompetisi ini, para peserta IPPBMM PTKIN Se-Jawa-Madura diajarkan bagaimana memelihara anugrah Tuhan berupa kesehatan dan mensyukurinya untuk hal-hal yang positif.
Nilai-nilai kehidupan yang sangat berharga juga menjadi titik tekan dalam kegiatan IPPBMM PTKIN Se-Jawa-Madura seperti nilai sportivitas, berbesar hati, rasa syukur, menghargai sesama, berkompetisis dalam kebaikan, saling mengenal dan sifat keterbukaan merupakan berbagai nilai yang bisa diperoleh melalui IPPBMM PTKIN Se-Jawa-Madura.Oleh karena itu, IPPBMM PTKIN Se-Jawa-Madura merupakan agenda yang sangat fundamental dan sangat penting bagi para mahasiswa bagi Indonesia khususnya dalam lingkup Jawa-Madura, sehingga terselenggara-nya agenda ini merupakan sebuah keharusan dan harus didukung oleh segenap pihak sehingga nilai-nilai ideal yang diperjuangkan dapat tercapai.